loading...

Minggu, 18 Juni 2017

Tujuan dan Fungsi Kualitas Pelayanan

kuliah Manajemen
Kuliah Manajemen

Kualitas pelayanan umumnya bertujuan agar konsumen merasakan adanya kepuasan dan dampaknya bagi perusahaan yaitu dengan memperoleh laba maksimum, kualitas pelayanan befungsi untuk lebih memberikan kepuasan yang maksimal, oleh karena itu dalam rangka memberikan pelayanan harus dilakukan sesuai dengan fungsi pelayanan, kualitas pelayanan yang diberikan oleh setiap perusahaan tentunya mempunyai tujuan.

Berdasarkan tujuan diatas kualitas pelayanan memiliki tiga bentuk dasar pelayanan, ketiga fungsi ini adalah pelayanan dengan lisan , pelayanan dengan tulisan, pelayanan melalui perbuatan sebagai berikut:



  • Playanan dengan lisan 
Pelayanan yang dilakukan oleh seseorang yang bertugas memberikan pelayanan, baik informasi ataupun di bidang lain yang tugasnya memberikan penjelasan kepada konsumen agar setiap layanan berhasil sesuai yang diharapkan, maka dari itu dalam suatu organisasi layanan ini biasanya memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi salah satunya agar pelayanan mampu memberikan penjelasan tentang apa yang perlu dengan lancar, singkat tetapi cukup jelas sehingga memuaskan pelanggan, Bersikap sopan dan ramah, dengan tidak melayani orang yang hanya sekedar ingin ngobrol, tidak membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak ada manfaatnya.



  • Pelayanan dengan tulisan
Pelayanan ini merupakan bentuk pelayanan yang paling menonjol dan efisien, banyak digunakan atau dipraktekkan dalam era globalisasi,dimana layanan dapat diberikan dalam jarak jauh. Dalam pelaksanaan layanan ini perlu diperhatikan dalam kecepatan pengelolaan masalah dan proses penyelesaiaanya, layanan ini digolongkan menjadi dua yaitu sebagai berikut:

(1) Pelayanan yang berupa petunjuk/informasi dan sejenis dengan itu yang ditunjukkan kepada orang-orang yang berkepentingan.
(2) Pelayanan tertulis berupa reaksi atas permohonan, keluhan, laporan, ataupun pemberitahuan.
3) Pelayanan dengan perbuatan
Pelayanan ini banyak dilakukan oleh petugas-petugas tingkat menengah kebawah dengan tingkat keahlian atau keterampilan yang memadai. Pelayanan ini jarang muncul sendirian, karena lebih sering muncul bersamaan dengan pelayanan secara lisan. Namun demikian, layanan ini memiliki spesifikasi tertentu yang membedakannya dengan pelayanan secara lisan, yaitu orang tidaak hanya membutuhkan penjelasan, tetapi juga memerlukan perbuatan atau tinadakan atau hasil perbuatan.


EmoticonEmoticon