loading...

Jumat, 23 Juni 2017

Pengertian Loyalitas Pelanggan Menurut Para Ahli


Bahan Skripsi  Manajemen
Loyalitas Pelanggan

Menurut Griffin dalam (Diah Darmayanti, 2010: 23) Loyalitas Pelanggan adalah pelanggan yang merasa puas dan senang terhadap suatu produk atau jasa dan merekomendasikan atau menceritakan kepada siapa saja yang dikenal.
 
Menurut (Hasan, 2014), Loyalitas adalah perilaku yang terkait dengan merek sebuah produk, termasuk kemungkinan memperbaharui kontrak merek di masa yang akan datang, berapa kemungkinan pelanggan mengubah dukungannya terhadap merek, berapa kemungkinan keinginan pelanggan untuk meningkatkan citra positif suatu produk. Jika produk tidak mampu memuaskan pelanggan, pelanggan akan bereaksi dengan cara exit (pelanggan menyatakan berhenti membeli merek atau produk) dan voice (pelanggan menyatakan berhenti membeli merek atau produk).
Rahmayanty (2010:13) mendefinisikan:
 “Loyalitas adalah tentang prsentase dari orang yang pernah membelidalam kerangka waktu tertentu dan melakukan pembelianulang sejak pembelian yang pertama”.

Dan Loyalitas adalah suatu komitmen yang kuat untuk melakukan pembelian ulang atau berlangganan suatu produk atau pelayanan secara konsisten, serta tidak mudah berpengaruh pada lingkungan yang ada atau upaya aktivitas pemasaran para pesaing, serta aspek-aspek lain yang dapat mendorong pelanggan untuk beralih ke perusahaan lain (Rizan, 2010:26).
 

Dari definisi diatas terlihat bahwa loyalitas adalah komitmen pelanggan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau untuk pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang. Meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku.


EmoticonEmoticon