loading...

Senin, 12 Juni 2017

Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Pemasaran menurut Daryanto (2011 : 1) adalah
 “suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain”. 
Pemasaran adalah dunia yang menyentuh semua orang, pemasaran tidak boleh dilihat secara sempit sebagai tugas mencari cara yang cerdik untuk menjual produk-produk perusahaan.
    Pemasaran sekarang ini ditandai dengan sejumalah perubahan-perubaha penting. Orientasi tidak lagi menciptakan keuntungan sebesar-besarnya, melainkan menciptakan pelanggan sebanyak mungkin melalui kepuasan konsumen. Bila pemasar memahami kebutuhan pelanggan, mengembangkan produk dan jasa yang menyediakan nialai yang unggul bagi pelanggan, menetapkan harga, mendistribusikan, dan mepromosikan produk dan jasa itu secara efektif, maka produk dan jasa itu akan mudah untuk dijual.


Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli
Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

    Menurut Kotler dan Keller (2009;45) definisi pemasaran dapat dibedakan antara definisi pemasaran secara manejerial dan secara sosial. Definisi secara manejerial pemasaran sering digambarkan sebagai seni menjual produk, sedangkan definisi pemasaran secara sosial adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.
    Menurut American Marketing Association dalam Kotler dan Keller (2009;45) bahwa pemasaran adalah 
“Marketing adalah fungsi organisasi dan sebuah proses untuk membuat komunikasi dan konsumen dan untuk mengelola hubungan pelanggan dalam cara yang menguntungkan orgaanisasi dan stakeholders".
    Berdasarkan definisi di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran adalah fungsi organisasi, serta menjelaskan tujuan dari suatu kegiatan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjualnya, dengan mengetahui tujuan dari pemasaran tersebut maka setiap perusahaan mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan.


EmoticonEmoticon