loading...

Selasa, 13 Juni 2017

Pengertian Bauran Pemasaran

    Bauran pemasaran merupakan unsur- unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan diorganisir dan digunakan dengan tepat sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dengan efektif sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (Hurriyati, 2010:48)

Pengertian Bauran
Pengertian Bauran

    Bauran pemasaran memiliki komponen marketing mix yang bertujuan agar perusahaan mencapai apa yang di harapkan, menurut Buchari Alma (2011:201) “ Marketing mix merupan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan”. Sedangkan Menurut Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani (2008) bauran pemasaran jasa dikembangkan menjadi 7p+C,  dimana hal ini terkait dengan perbedaan karakteristik jasa dan barang, marketing mix produk mencakup 4p: produk, price, place, dan promotion, sedangkan untuk ke empat hal tersebut masih dirasakan kurang mencukupi, oleh karena itu ada beberapa komponen yang dikembangkan  yang mana terdiri atas:

1.    Produk (product)

Produk adalah merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. yang perlu di perhatikan dalam produk adalah konsumen yang tidak hanya membeli fisik dari pada produk itu saja tetapi membeli benefit dan value dari produk yang di tawarkan.

2.    Tempat (place)

Merupakan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para konsumen. Tempat ini dimana produk tersedia dalam jumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

3.    Harga (price)

Strategi penentu harga sangat signifikan dalam memberikan value kepada konsumen dan mempengaruhi image produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Pricing juga berhubungan dengan pendapatan dan turut mempengaruhi supply atau marketing channels. Akan tetapi, yang paling penting adalah keputusan dalam pricing harus konsisten dengan strategi pemasaran secara keseluruhan.

4.    Promosi (promotion)

Promosi merupakan kegiatan penting, yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahu dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang di promosikan tersebut.

5.    Orang (people)

Bagi sebagian besar jasa, orang merupakan unsur vital dalam bauran pemasaran. Bila produk dapat di pisahkan dengan konsumsi, sebagaimana di jumpai dalam kebanyakan kasus pemasaran barang manufaktur, pihak manajemen biasanya dapat mengurangi pengaruh langsung sumber daya manusia terhadap output akhir yang di terima konsumen. Di lain pihak, dalam industri jasa setiap orang merupakan “part- time maker” yang tindakan dan perilakunya memiliki dampak langsung pada output yang di terima konsumen.

6.    Bukti Fisik (physical evidence)
Salah satu unsur penting dalam bauran pemasaran dalam upaya mengurangi tingkat resiko dengan jalan menawarkan bukti fisik dari karakterisik jasa. Bukti fisik ini terdapat dalam beberapa bentuk misalnya brosur yang menarik, penampilan staff yang sopan dan seragam staff.

7.    Proses (Process), 
adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas dan jasa yang disampaikan merupakan sistem pengujian atau operasi.

8.    Layanan pelanggan (Customer Service)
Dalam sektor, Layanan konsumen dapat diartikan sebagai kualitas total jasa yang di persepsikan oleh konsumen. Oleh sebab itu, Tanggung jawab terhadap layanan konsumen menjadi perhatian semua personel produksi, baik yang di pekerjakan oleh organisasi jasa maupun oleh pemasok.


EmoticonEmoticon