loading...

Sabtu, 10 Juni 2017

Cara Perusahaan Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Pelayanan konsumen adalah ujung tombak pelaku bisnis karena bukan sekedar keunggulan kompetitif yang perusahaan lakukan akan tetapi untuk bisa bertahan perusahaan harus membuat suatu pertahanan di dalam dunia persaingan industri perdagangan yang semakin ketat. Menurut William Band, partner Strategic Management Pratice “Layanan merupakan standar baru dan konsumen menilai kinerja suatu perusahaan dari layanannya”. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan konsumen agar mereka mau kembali membeli atau melakukan transaksi kembali dengan kita merupakan hal terpenting bagi suatu industri perdagangan dapat berjalan dalam jangka panjang dan medapatkan hasil atau kesuksesan yang diharapkan  bisa bertahan lama di zaman modern sekarang ini. 

Bahan Kuliah Manajemen
Salah Satu bentuk Pelayanan Perusahaan


Perusahaan perlu memberikan kualitas pelayanan yang unggul untuk menjadi perusahaan yang mampu bersaing, akan tetapi memberikan pelayanan yang unggul tidaklah mudah, perusahaan perlu mempunyai kemampuan manajerial yang baik dan memberikan kuaitas pelayanan melebihi apa yang diharapkan konsumen. Peran penting di dalam prusahaan adalah memberikan kualitas pelayanan yang memegang peranan penting dalam suatu prusahaan, Oleh karena itu kualitas pelayanan yang baik akan menghasilkan loyalitas.

 Kemajuan perusahaan itu sendiri adalah dampak dari konsumen yang memiliki loyalitas tinggi dan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan secara langsung karena memberikan energi positif dalam jangka pendek maupun jangka panjang bagi stiap perusahaan.
Pembelian kembali dalam jumlah yang besar akan sangat menguntungkan perusahaan dan dapat meningkatkan profit perusahaan ( Bloomer dan Odekerken dalam Evanty dan Hendriyana 2011)
Menurut Kotler dan Amstrong (2009) kepuasaan pelanggan berkaitan erat dengan kualitas atau kinerja dari suatu produk. Produk yang berkualitas dengan harga bersaing merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan, yang pada akhirnya akan dapat memberikan nilai kepuasan yang lebih tinggi (Purwaningsih dan Soenhadji ,2010). 

Salah satu fitur yang paling penting dalam dunia layanan yang mendorong kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan (Butt;safdar and murtaza : 2011). Dimana jika kualitas pelayanan dapat memuaskan konsumen dan berlangsung secara berturut-turut, dapat menghasilkan loyalitas pelanggan yang tinggi dan menimbulkan keinginan untuk merekomendasikan kepada orang lain (Bohon et all; Butt; safdar and murtaza,2011).


EmoticonEmoticon